Selasa, 25 Januari 2011

MEDHOK....NEVERMIND

SINOPSIS
Sekolompok mahasiswa yang tengah sibuk berdiskusi tentang sebuah rencana kegiatan kampus. Suasana Nampak biasa dan tenang. Yang membuat menarik adalah sekelompok mahasiswa tersebut berasal dari daerah-daerah yang berbeda-beda, Jawa, Jakarta, Madura, Batak, Sunda. Dipenuhi dengan logat-logat yang “medhok”. Cerita mengalir dengan datar nyaris tanpa intrik. Esensi mendalam justru tercermin dari berbedaan-perbedaan bahasa yang tak menjadi masalah untuk mencapai sebuah kemufakatan…….bersatu itu kuat
Scene 1
Tahap perkenalan, disini ke lima tokoh di perkenalkan. Lewat tulisan di layar gambar
Scene 2
Nampak ke empat tokoh telah berkumpul di sebuah ruang kelas, salah seorang memulai memimpin pertemuan, dari logatnya ia Nampak fasih berbahasa Indonesia. Kemudian muncul seseoarang lagi yang datang terlambat. Dari bahasanya ia berlogat Madura “saporanah tretan, sorry” ucapnya dengan PD dalam bahasa campuran.
Scene 3
Pembicaraan kembali di lanjutkan. Laporan dari masing-masing divisi tentang kegiatan yang telah dilakukan. Disinilah kelucuan karena dialek bahasa yang berbeda-beda. Scene di akhiri dengan gambar tos dari kelima pemain dan ditutup dengan gambar burung garuda pancasila bertuliskan BHINNEKA TUNGGAL IKA.


NASKAH
Scene I (perkenalan)
Ext. area kampus_ pagi
1A. kamar mandi
Nampak seorang cewek berkacamata memakai hem keluar dari kamar mandi. Merapikan pakaian. Di tangannya menggamit beberapa map. Gambar berhenti dan mengenalkan tokoh.
NENSI MAHASISWI PSIKOLOGI ASAL GRESIK
Gambar kembali berjalan memperlihatkan nensi berjalan menaiki tangga.
1B. parkiran
Nampak seorang cowok turun dari sepeda motor. Melepas helm dan kaos tangan. Dari dandanannya ia Nampak cowok yang cool. Gambar berhenti dan mengenalkan tokoh.
MUFID ASAL LAMONGAN MENETAP DI SURABAYA SELAMA 1,5 TAHUN. FASIH BERBAHASA JAWA TAPI TETAP KHAS DIALEK LAMONGAN
Gambar kembali berjalan memperlihatkan mufid berjalan memasuki gedung.
1C. jalan
Seorang cowok berjalan dengan santai. Memakai kaos oblong dengan tas selempang. Menoleh kekanan dan kekiri. Mulutnya komat kamit mengunyah bubble gum. Gambar berhenti dan mengebnalkan tokoh.
AMIN ASAL BANGKALAN MADURA CEPLAS-CEPLOS DAN HUMORIS
Gambar kembali berjalan memperlihatkan amin berjalan menghilang dari kamera.
1D. MPU
Nampak seorang cowok bertas ransel yang diselempangkan sebelah. Turun dari MPU. Gambar berhenti dan memperkenalkan tokoh.
ABIMANYU ASAL SOLO PENDIAM DAN PERFEKSIONIS
Gambar kembali berjalan hingga tokoh menghilang dari kamera.
Scene 2
Int. ruang kelas (kantor)
Nampak ke empat tokoh telah berkumpul. Nensi, Amin, Mufid, Abi. Nensi duduk di sebuah kursi dibelakang meja mengotak atik lembarab kertas. Mufid duduk di kursi putar sambil memainkannya. Amin sibuk di depan computer. Abi berdiri membaca pengumuman di madding kantor. Nensi memulai pembicaraan.
NENSI
Baiklah sambil menunggu yang lain, kita mulai dulu rapatnya. Selamat pagi semua !.
Ketiganya menjawab dengan serentak “pagi”. Abi bergegas duduk di kursi dan semua mulai menghadap ke arah nensi.
Tepat ketika hendak berbicara pintu kantor di ketuk dan terbuka. Muncul seorang tokoh lagi, sebut saja HIMA. Semua memandang kearah Hima. Gambar berhenti dan mengenalkan tokoh.
HIMA ASAL SUMENEP MADURA LEMAH LEMBUT DAN CENTIL
Gambar kembali normal
HIMA (mengangkat tangan)
Saporanah tretan aku telat lagi
Lantas duduk di sebuah kursi
NENSI
Silahkan ! diskusinya belum dimulai kok. (menarik nafas sejenak). Ok karena semuanya sudah lengkap kita lanjutkan rapatnya. Sesuai jadwal hari ini saya ingin mendengar laporan dari setiap JABRIK. Eh…mungkin dari Abi dulu !
ABIMANYU
Ya langsung aja, dua hari yang lalu saya sudah mengkoordinasi semua anggota di divisi saya divisi pemberitaan, antara lain berita yang akan kami angkat sesuai dengan tema kita, mahasiswa baru. Yakni membludaknya peminat juurusan komunikasi, penyimpangan dana SPMB, ketidakprofesionalan pelayanan perpustakaan, beberapa artikel dan opini terkait tema dan beberapa berita lintas kampus. Ini catatan rubric sekaligus penanggungjawabnya paling lambat 2 hari lagi seluruh berita kami setorkan (memberikan sebuah map).
NENSI
(manggut-manggut) ok saya terima. Selamjutnya divisi fotografi, mufid dilahkan !
MUFID
Ya simple aja karena tugas saya mengambil gamabr-gambar. Ini print outnya. Soft copynya sudah saya serahkan pada bagian layouter.
NENSI
Ok. Terima kasih, lumayan sudah cukup ada peningkatan kualitas gambarnya. Ditingkatkan terus ya!. (tersenyum ramah)
MUFID
Yoyolah, mufid gitu loh…yang lain tertawa geli.
NENSI
Selanjutnya Amin dari divisi HUMAS.
AMIN
Jangan kuatir soal sponsor sudah beres. Laporan terakhir dari divisi humas ada sekitar 17 sponsor yang sudah tercatat, dari 20 proposal yang disebar. Selebihnya akan memdapat kepastian hari ini.
NENSI
Syukurlah kalau begitu semua berlajan dengan lancer, selamat bekerja semoga sukses (tiba-tiba Hima memotong pembicaraan sambil mengangkat tangan)

HIMA
Enken gellu jek endher ambu. Gak ada yang mau dengar laporan keuangan ya? Kok aku gak ditanya.
NENSI
(kaget) ya ampun, ya ya sorry sorry, silahkan
HIMA (berdehem)
Laporan keuangan sebelumnya LPM memiliki kas sekitar 1.750.000,00 per Agustus. Khusus untuk dana cetak majalan inikita mendapat anggaran dana dari Universitas sebesar 10 juta, sedangkan untuk dana operasional kami anggarkan dari kas LPM seberar 750 ribu jadi total sisanya adalah 1 jt. Sekian laporan saya, ini rekapitulasi pemasukan dan pengeluarannya. Mator sakalangkong.
NENSI
Ok. Kita tos dulu, semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar
Nensi berdiri di ikuti oleh yang lain dan melakukan tos,
Scene di tutup dengan gambar burung garuda pancasila bertuliskan BHINNEKA TUNGGAL IKA.

KARAKTER
NENSI : MAHASISWI PSIKOLOGI ASAL GRESIK FASIH BERBAHASA INDONESIA RAMAH DAN BERWIBAWA
ABIMANYU : PEMUDA KELAHIRAN SOLO PENDIAM DAN PERFEKSIONIS
MUFID : COWOK ASAL LAMONGAN MENETAP DI SURABAYA SELAMA 1 ,5 TAHUN FASIH BERBAHASA JAWA MESKI TETAP LEKAT DIALEK LAMONGANNYA
AMIN : COWOK ASAL BANGKALAN MADURA CEPLAS-CEPLOS DAN HUMORIS
HIMA : CEWEK ASAL SUMENEP MADURA, CENTIL DAN BERDARAH BIRU KETURUNAN BANGSAWAN SUMENEP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar